Senin, 28 Januari 2013

Kelemahan Pemimpin


Penulis : Dendy / 28 Januari 2013

Keberadaan seorang pemimpin adalah syarat mutlak dalam konteks apapun. Sehingga pemimpin pula lah yang merupakan bagian sebuah keberhasilan. Sam Walton mengatakan “ Pemimpin besar akan berusaha menanamkan rasa percaya diri pada para pendukung. Jika orang memiliki percaya diri tinggi, maka kita akan terkejut pada hasil luar biasa yang akan mereka raih “ Sehingga sosok pemimpin adalah sosok yang memang boleh dikatakan memiliki segala sesuatu yang lebih dari yang dipimpinnya.

Sun Tzu mengidentifikasi setidaknya ada 5 kelemahan para pemimpin yaitu:

1. Pemimpin yang Ceroboh, Ia Bisa Terbunuh Dalam kondisi peperangan, keberanian adalah unsur kekuatan yang juga harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Akan tetapi, keberanian tanpa perhitungan tentunya akan banyak mengandung risiko yang mendekatkan pada kekalahan. Berani tidak sekedar tekad yang bulat (nekad). Karana risiko pemimpin yang hanya bisa maju perang tanpa memiliki konsep dan strategi adalah kecerobohan yang mebinasakan baik bagi dirinya maupun bagi organisasi yang dipimpinnya

2. Pemimpin yang Pengecut, Ia Bisa Tertangkap Seorang pemimpin yang mimiliki jiwa kerdil yang penuh rasa takut, akan serba ragu-ragu dalam menentukan keputusan. Jika sikap ini yang terus dipelihara dalam setiap tindakan, maka musuk akan dengan mudah menebak ke mana ia akan melangkah, sehingga ia pun akan dengan mudah di tawan dalam setiap kesempatan.

3. Pemimpin yang Mudah Naik Pitam, Ia Mudah Dihasut Kemarahan hanya akan menenggelamkan seseorang dalam “kuburan” ego yang akan mudah menjerumuskan diri dalam persoalan. Sikap mudah emosi atau temperamental yang dimiliki seorang pemimpin, akan membuat dirinya mudah diprovokasi dan ujung-ujungnya ia akan bertindak sembrono sehingga akan membodohi diri sendiri. Oleh karena itu, pemimpin yang mudah marah biasanya hanya akan “terjebak” dalam kubangan yang mencelakakan.

4. Pemimpin yang Gila Hormat, Ia Mudah Difintah Bagi seorang pemimpin, jika ia terlalu menjaga kehormatan dan mengagungkan posisi dan jabatannya, ia akan mudah difitnah dengan kedudukannya tersebut. Sebab, seorang pemimpin, apalagi yang gila pangkat, akan melalakukan tindakan-tindakan yang cenderung nekat dan menghalalkan segala macam cara agar posisinya terangkat. Oleh karena itu, ia akan mudah di fitnah demi mengejar kehormatan dan melupakan inti dari perjuangannya.

5. Pemimpin yang Mudah Mengalah, Ia Mudah Dikecewakan Kasih sayang adalah sifat mulia yang patut dipelihara. Namun, dibalik sikap itu seorang pemimpin yang mudah iba atas dasar belas kasih, justru bisa jadi kecewa sebab sikap iba pada bawahannya yang terlalu kuat tanpa perhitungan, malah akan melahirkan kerepotan dikemudian hari. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya pertimbangan yang dibuat untuk membuat keputusan, sehingga banyak waktu yang terbuang yang justru akan melewatkan kesempatan. Bukan sikap iba yang dibutuhkan dalam kepemimpinan, akan tetapi kasih sayang dan sikap memanusiakan terhadap bawahanya sehingga ia dapat menumbuhkembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh setiap orang yang terlibat dalam organisasi tersebut.

Kelima kelemahan pemimpin yang diungkapkan oleh Sun Tzu terasa sangat relevan dengan kondisi dunia bisnis saat ini. Hal ini bisa kita rasakan bahwa kelemahan-kelemahan tersebut banyak kita jumpai di mana-mana Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan pimpinan diatas, diharapkan kita bisa mengintrospeksi diri sehingga kita tidak terjebak pada sikap-sikap yang melemahkan dan kita dapat memupuk sikap kepemimpinan yang diberlandaskan kekayaan mental untuk meraih kemenangan yang gemilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar