Senin, 07 Juni 2010

Ramadhan membawa perubahan

by ; dendy
Ramadhan sebentar lagi tiba, kini kita berada diakhir-akhir minggu bulan sya’ban. Kaum muslimin yang dirahmati Allah, tentunya sudah kesekian kali kita menjalani ibadah Ramadhan sudahkan kita menjadikan Ramadhan ini sebagai langkah besar kita untuk perubahaan. Perubahan-perubahan ini sangatlah diperlukan bagi kita, apalagi perubahan-perubahan yang menyangkut akhlak, ibadah dan ketaqwaan kita kepada Allah.
Sebagaimana visi dari kita shaum ( berpuasa ) adalah menjadi orang-orang bertaqwa
Beberapa hal yang harus kita lakukan dalam meraih perubahan-perubahan tersebut;

pertama, Niat ( Motivasi )
Apapun arah dalam suatu tujuan perubahan yang paling utama adalah Niat ( Motivasi ), oleh karena itu mulialah dari sekarang niat yang kuat untuk berubah, betapa banyak orang-orang yang mengalami perubahan tapi tidak dilandasi niat yang baik maka akan sia-sia. Apalagi dengan Ramadhan ini kita pasang niat kemudian menjaganya terus agar niat kita menjadi arah perubahan yang baik Insya Allah, Allah akan mengabulkannya. Apalagi Ramadhan ini kita dianjurkan berbanyak amal ibadah termasuk kita dianjurkan memperbanyak doa. Maka perbanyaklah doa-doa dan kita bersungguh untuk memahami arti perubahan yang akan kita lakukan, yang sampai perubahan ini hanya sebulan saja.

Kedua, Istiqomah ( Konsisten )
Setelah kita pancangkan niat bersungguh-sungguh, sedangkan yang berikutnya kita harus istiqomah. Kita sudah benar-benar menyakini agar perubahan-perubahan ini tetap langgeng sampai ajal kita, oleh sebab itu istiqomah ini menjadi garda terdepan yang harus kita lakukan walaupun memang godaan-godaan syeitan berupa kenikmatan dunia, kemalasan dan lain sebagainya bisa datang dan mematahkan konsiten kita. Ingatlah bahwa ketika kita berniat dan beristiqomah, sesungguhnya kita akan menghadapi beban cobaan-cobaan yang satu persatu akan kita hadapi.

Saudara-saudaraku....
Kehidupan ini akan berakhir, entah kapan kita pun atau orang lain tidak akan tahu...
Marilah momen Ramadhan kita jadi sebagai semangat perubahan, perubahan bagi diri kita, keluarga, masyakarat dan seterusnya.......semoga Allah senantiasa mencintai orang-orang yang mau berubah. Apalagi orang yang ingin merubah dari sifat buruk kepada sifat baik, atau dari orang yang sering melalaikan perintah Allah menjadi orang yang Taat...Amin ya Rabbal ;Alamin...

1 komentar:

  1. iya dah yang pendamping setia ketua panitia ramadhan....:ngacir

    BalasHapus