Sabtu, 07 Agustus 2010

Kapal PLTD Apung


by;dendy
Pada tahun 2006 saya berkesempatan melihat kapal pltd apung yang terhempas dari pantai menuju daratan pada saat peristiwa tsunami di NAD 2004 yang lalu

-------------------
Kapal Pembangkit Listrik tenaga Diesel (PLTD) Apung 1 milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan Kapal pembangkit listrik berkapasitas 10 Mega watt, dengan berat lebih dari 2.600 ton, panjang 19 meter dan lebar 9 meter yang terdampar ke Kelurahan Punge Blang Cut akibat tragedy Tsunami yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2009 silam kini dijadikan monument oleh Kodya Banda Aceh.
Menurut beberapa warga sekitar, keberadaan Kapal PLTD Apung 1 yang mendarat membuat puluhan rumah hancur,selain itu diperkirakan beberapa warga tewas akibat tertimpa kapal tersebut.
Untuk mengenang tragedi Tsunami yang menewaskan 1500 warga dan seribuan rumah hilang dan rusak, ribuan warga Kelurahan Punge Blang Cut melakukan zikir bersama disekitar lokasi kapal PLTD Apung 1 yang terdampar.
Untuk melestarikan sekaligus menjaga keberadaan kapal PLTD Apung 1, pihak Kodya Banda Aceh membangun sebuah taman Edukasi Tsunami disamping kapal PLTD Apung 1. Tujuang dibangunnya taman Edukasi Tsunami guna memperingati tragedy Tsunami yang merengut ribuan nyawa wargta Punge Blang Cut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar